SEJARAH PENDIRIAN


Fasilitas kesehatan / Rumah sakit memiliki peran strategis untuk terwujudnya masyarakat sehat baik jasmani maupun rohani. Untuk itu rumah sakit harus mampu memberikan pelayanan yang komprehensif meliputi promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Pelayanan yang baik harus memandang pasien dari dua sisi yaitu fisik dan mental sehingga selain penyembuhan secara medis juga melalui pendekatan spiritual sesuai syariat Islam. Berdirinya RSI Kendal diawali dengan terbentuknya YARSI (Yayasan Rumah Sakit Islam) yang beranggotakan 6 (enam) unsur ORMAS yang didalamnya termasuk Muhammadiyah.
Pembentukan YARSI bertujuan agar umat Islam bersatu untuk mewujudkan masyarakat yang sehat sesuai syariat Islam. Namun demikian, dalam proses perjalannnya YARSI mengalami kevakuman, sehingga terjadinya penyerahan tanggungjawab pendirian dan pengelolaan Rumah Sakit Islam Kendal dari Pengurus YARSI kepada Muhammadiyah melalui akta Notaris Sri Widayati Hasil, SH Nomor : 29 tanggal 21 Januari 1993 diperkuat dengan akta notaris perobahan nomor 6 tanggal 7 April 1993.
Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kendal dengan semangat li ila likalimatillah bersedia melanjutkan pendirian Rumah Sakit, dengan syarat harus secara penuh dikelola oleh Muhammadiyah
pada tahun 1993 dimulailah proses awal pembangunan RSI Kendal dengan didukung oleh seluruh warga Muhammadiyah Kendal.
RSI Kendal mulai dioperasionalkan pada tanggal 15 Januari 1996, dipimpin oleh dr. Joko Kartono sebagai direktur.
Berikut Direktur Rumah Sakit Islam Kendal sejak berdirinya sampai dengan sekarang:
1. dr. Joko Kartono, (Periode 1996-2004)
2. dr. Rizkiyana, MARS (Periode 2004 (Januari-Juni)
3. dr. Widjdan Kadir (Periode 2004-2008)
4. drg. Edi Sumarwanto, MM, MH.Kes. (Periode 2009 – 2017)
5. drg. R. Ibnu Darmawan, M.Kes. (Periode 2017 – 2021

Top